All About Digital Marketing

Tips Instagram | Marketing Instagram | Tips Membuat Konten di Instagram

5 Tips Membuat Konten di Instagram

WahyuMunajat.com – Pasca diakuisisi oleh Facebook dengan nilai US$ 1 miliar, Instagram terus berkembang dan melakukan berbagai inovasi. Tak mengherankan, kini Instagram menjelma menjadi salah satu media sosial yang paling populer hampir di seluruh penjuru dunia.

Menurut data © Statista 2016, Instagram memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif dan pengguna baru didominasi dari Asia dan Eropa. Untuk benua Asia, Indonesia dan Jepang menempati urutan teratas dengan jumlah pengguna baru terbanyak. So, Instagram merupakan salah satu channel digital marketing yang sangat penting.

infographic Instagram

Permasalahan yang kerap muncul di Instagram adalah banyak pengguna Instagram (baik itu brand, UKM, maupun personal) yang tidak tahu strategi atau cara membuat konten Instagram yang menarik. Seperti dilansir searchenginejournal.com, berikut 5 tips membuat konten yang menarik di Instagram.

1. Use High Quality Images

Saat Anda akan memproduksi foto untuk Instagram, pastikan Anda menggunakan camera DSLR, pocket camera atau camera phone dengan kualitas baik. Tak bisa dipungkiri, selain sense of art, gears (camera) juga memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto terbaik. Lalu, untuk semakin memaksimalkan hasil akhir foto, Anda bisa mengedit foto menggunakan Instagram photo editors dan apps editing foto lainnya, seperti Afterlight, VSCO, Whitagram, Pic Stitch, Aviary, Lumify, Hyperlapse, Bokehful, Snapseed dan lainnya.

2. Tell a Story

Storytelling is a powerful tool in all marketing! Ya, storytelling merupakan salah satu strategi digital marketing yang sedang trend beberapa tahun terakhir. Lalu, bagaimana memulai strategi storytelling di Instagram? Mulailah dengan berpikir bagaimana Anda mengemas konten visual di Instagram dengan strategi bercerita. Buat satu main communication message yang ingin Anda Angkat, seperti “Pahlawan Pelapak” yang diusung oleh Bukalapak.com, #adaAqua yang diusung oleh Aqua, dan lainnya.

3. Engage With Your Fans

Engagement dapat mengindikasikan apakah konten Anda menarik bagi audiens atau tidak. Untuk meningkatkan engagement tentunya kembali bermuara pada konten. Buatlah konten yang sesuai dengan audiens dengan memenuhi unsur kreatif, menarik, menghibur, informatif, menginspirasi, memotivasi atau bahkan menyentuh sisi emosional. Ingat, meskipun tujuan Anda adalah bisnis, jangan terlalu sering melakukan promo atau hard selling di Instagram. Persentase kuantitas konten promo di media sosial adalah 20% dari total konten. Setelah itu, pastikan Anda melakukan respons komentar atau pesan dengan baik.

4. Take Advantage of Hashtags

Agar foto Anda mampu menjangkau audiens yang lebih luas atau semakin banyak yang melihat konten Istagram Anda, manfaatkanlah fitur #hashtag saat mengunggah foto di Instagram. #hashtag selain dapat meningkatkan ‘love’, juga berpotensi mendatangkan followers baru. Hal terpenting saat menggunakan #hashtag adalah pemilihan #hashtag yang populer, namun harus relevan dengan konten yang Anda unggah.  Terkadang, #hashtag yang tidak relevan dapat membuat followers kecewa, yang pada akhirnya mereka akan unfollow akun Instagram Anda.

5. Plan Your Schedule & Create Editorial Plan

Last but not least, buatlah editorial plan untuk konten instagram Anda. Fungsi editorial plan ini selain Anda bisa membuat topik mingguan atau bulanan, kalender atau waktu posting dan lainnya. Editorial plan juga akan menjaga konsistensi kuantitas dan kualitas posting konten Anda. Untuk melakukan posting otomatis, Anda dapat memanfaatkan aplikasi scheduling, seperti Hootsuite, Latergram dan Schedugram.

Related Posts

One thought on “5 Tips Membuat Konten di Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *