All About Digital Marketing

Tips Content Marketing

7 Tips Content Marketing (Trend 2017)

Tips Content Marketing

WahyuMunajat.com – Salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis Anda, khususnya di era digital seperti saat ini adalah dengan berinvestasi di content marketing. Ya, content marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang sedang trend saat ini. Banyak brand-brand besar seperti Coca Cola, Aqua, Nike, Adidas, Unilever dan masih banyak lagi, berinvestasi besar dalam strategi content marketing, mereka menyadari bahwa content marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun digital marketing ecosystem, karena content marketing akan melandasi hampir seluruh strategi atau channel digital marketing.

Sebelum Anda mulai mengimplementasikan strategi digital marketing, Anda wajib mengetahui tips content marketing berikut ini. Let’s check this out!

Tip #1. Buatlah Strategi (Content Marketing)

Sebelum Anda menjalankan strategi digital marketing, buatlah strategi content marketing. Apa yang melandasi strategi content marketing? Salah satunya adalah target audience brand Anda, target audience dapat menjadi salah satu landasan atau acuan dalam merumuskan strategi content marketing. Ya, Anda harus mampu menentukan brand communication seperti apa yang cocok dengan target audience Anda.

Buatlah Brand Communication Message (setidaknya untuk 1 tahun ke depan). Lalu, turunan dari brand communication, buatlah content program dan content pilar. Brand Communication Message ini peranannya sangat penting karena akan menjadi ‘payung’ komunikasi atau guidelines dari seluruh content marketing atau digital campaign yang akan Anda jalankan.

Tip #2. Be a better writer; tell better stories

“Your words are your ambassadors — they tell your customers and prospects who you are”. Ya, content marketing akan merepresentasikan brand Anda. Jadilah “penulis” yang baik agar pembaca (konsumen) Anda mampu menangkap atau menerima brand communication message dengan baik.

Case study: Bukalapak

Menurut pendapat saya, Bukapalak cukup berhasil dalam men-deliver content marketing. Pada 12 April 2016 lalu, mereka meluncurkan program Kampanye Pahlawan Pelapak, kemudian berbagai strategi digital marketing pun mereka jalankan, termasuk content marketing. Akhirnya, Bukalapak berhasil membangun Brand Image “Pahlawan Pelapak” yaitu dengan menyediakan wadah jualan secara digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan konsumen pun bisa menjadi pahlawan pelapak ‘dengan jari’ karena dengan bertransaksi di Bukalapak berarti turut menyukseskan para UKM. Tak hanya itu, jumlah pelapak pun mengalami peningkatan yang signifikan, lonjakannya lebih dari 100 persen.

Tip #3. Storytelling

Tips Content Marketing - story telling
Photo by: media.licdn.com

Storytelling merupakan salah satu strategi penting dalam content marketing. Storytelling bagi sebuah brand merupakan teknik menyampaikan communication message kepada konsumen atau calon konsumen dengan konsep ‘bercerita’ melalui media teks, image maupun video, sehingga akan terbentuk satu hubungan emosional atau engagement antara brand dengan audiensnya. Storytelling yang baik tentu dapat memberi dampak positif bagi brand image, Storytelling dinilai sangat efektif dalam usaha revitalisasi pemasaran. Let’s Create Positive Relationship Using Storytelling!

Tip #4. Live Streaming Content

Tips Content Marketing - live streaming video
Photo by: urloved.com

Live streaming saat ini telah menjadi salah satu strategi content distribution yang cukup menarik dan trend di tahun ini. Tak mengherankan, karena platform live streaming kini semakin bervariatif dan inovatif, seperti Facebook Live, YouTube Live dan SnapChat. Ketiga platform tersebut menawarkan berbagai fitur menarik dan kemudahan dalam melakukan live streaming. Anda bisa memanfaatkannya untuk men-deliver konten, seperti launching produk, tutorial, unboxing video dan lainnya.

Tip #5. Visual Content

Tips Content Marketing - Content Visual

Saat ini, konten visual telah menjadi trend di digital marketing, dalam berbagai digital channel, seperti sosial media, email marketing, website dan lainnya, konten visual telah mendominasi, bahkan 2017 diprediksi akan menjadi tahun visual. Menurut James Scherer, pakar social media dan blogger, konten visual memiliki berbagai keunggulan diantaranya, sebagai berikut:

  • 90% dari informasi yang terkirim ke otak adalah visual, otak memproses visual 60.000x lebih cepat jika dibandingkan dengan konten text.
  • Artikel yang menggunakan visual infografis mampu mendatangkan trafik rata-rata 12% lebih banyak dibanding yang tidak menggunakan infografis.
  • Visual dapat membuat social media menjadi lebih friendly dan dapat meningkatkan engagement.
  • Visual dapat mengekspresikan ide (snapshot) dengan cepat.
  • Dan masih banyak lagi benefit dari konten visual

Tip #6. Video Content

Tips Content Marketing - Content Video

Video juga merupakan salah satu media (content) terbaik dan menjadi trend dalam kurun waktu terakhir. Terbukti, tak hanya YouTube, banyak platform lainnya yang berevolusi dengan menambahkan format video, seperti Facebook, Instagram, SnapChat dan masih banyak lagi. Menurut Mark Zuckerberg (Chief Executive Officer of Facebook), video akan terus menjadi megatrend, hampir sama dengan pesatnya penetrasi pengguna mobile.

Tip #7. Distribusikan Konten Melalui Key Opinion Leader (KOL)

Tips Content Marketing - key opinion leader
Photo by: licdn.com

Dalam strategi digital marketing, mendistribusikan content marketing melalui Key Opinion Leader (KOL) memiliki peranan penting untuk menggiring opini dalam suatu kelompok (circle) atau kepada followers/fans KOL tersebut. KOL sendiri biasanya adalah seorang selebriti, artis/aktor, public figure, bloggers dan lainnya yang mempunyai kekuatan dalam “word of mouth” sehingga mampu membentuk opini publik sesuai dengan message yang ingin disampaikan oleh brand.

Well, mengimplementasikan strategi content marketing bukan hanya untuk brand besar, lho. Pelaku bisnis rumahan atau Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin ‘go digital’ juga harus mengimplementasikan strategi content marketing.

Semoga Tips Content Marketing ini bermanfaat untuk Anda!

Referensi Tips Content Marketing:
 - Forbes.com
 - Smartinsights.com
 - Contentmarketinginstitute.com
 - Ann Handley, Chief Content Officer of MarketingProfs
 - Dan pengalaman pribadi 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *