Tips Memulai Startup

WahyuMunajat.com – Bisnis startup kini kian menjamur. Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri pun banyak bermunculan startup yang sukses di berbagai segmentasi bisnis. Hal menarik yang saya amati adalah banyak pelaku startup berasal dari generasi millenial (generasi yang lahir pada periode 1982-an hingga awal tahun 2000-an).

Para entrepreneur muda memang memiliki spirit yang luar biasa. Namun, dalam membangun sebuah startup spirit saja tidak cukup untuk membangun sebuah bisnis. Anda harus memiliki konsistensi, strategi, market, network dan tentunya harus sangat memahami bisnis yang akan Anda jalankan. So, berikut beberapa tips untuk memulai startup:

Tentukan perencanaan

Semua hal harus direncanakan dengan baik. Rencana yang teratur dengan menimbang potensi, tantangan dan juga pesaing akan membuat rencana berjalan secara efektif. Rencana ini bisa meliputi banyak hal dimulai dari bagaimana mengembangkan ide bisnis hingga bagaimana mendapatkan modal bahkan sampai pada bagaimana memperluas jaringan bisnis startup. Tidak menutup kemungkinan jika rencana ini juga meliputi bagaimana strategi agar Anda bisa bersaing dan mengalahkan kompetitor secara sehat.

Tentukan ide bisnis

Ide bisnis merupakan hal paling penting saat Anda ingin memulai sebuah startup. Ya, semuanya berawal dari ide, seperti halnya ide untuk menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya, maka terciptalah jembatan, transportasi laut, transportasi udara, dan lainnya. Begitu pun ide untuk memulai bisnis startup, akan melahirkan solusi dalam bentuk konkret yang pada akhirnya akan dimanfaatkan oleh banyak orang. Tentu, ketika bisnis Anda bermanfaat untuk masyarakat luas (baik itu produk atau jasa), artinya akan ada pundi-pundi Rupiah yang mengalir di bisnis Anda.

Tentukan modal

Jika Anda sudah memiliki ide bisnis startup, selanjutnya tenentukan modal. Tenang, jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk memulai startup, Anda tidak perlu pesimis karena saat ini banyak investor yang mungkin saja tertarik untuk menanamkan modal kepada perusahaan startup yang tengah Anda bangun. Yang terpenting adalah bagaimana meyakinkan investor tentang ide atau konsep dan potensi bisnis Anda.

Buat tim yang solid

Tim yang solid terdiri dari orang-orang yang berkompeten, memiliki spirit, konsistensi, visi, misi dan saling mendukung. Tim yang solid merupakan kunci sukses dari bisnis startup. Bisa dikatakan, hampir semua perusahaan startup didirikan oleh sebuah tim yang solid di mana setiap anggotanya memiliki skill, knowledge dan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan. Tim yang solid juga kerap jadi point penilaian investor saat akan mendanai sebuah startup, lho!

Konsisten

Jika semua point di atas sudah Anda jalankan, artinya bisnis startup yang Anda impikan sudah berdiri. So, langkah selanjutnya adalah konsisten menjalankannya. Konsisten di sini bisa diartikan banyak hal, seperti spirit untuk terus maju, juga  bagaimana perusahaan terus meraih goal atau target-target baru yang sudah direncanakan sebelumnya.

Semoga beberapa tips memulai startup di atas bermanfaat untuk Anda. Man Jadda Wajada!

Referensi: Berbagai sumber
Foto: bpje.org